Sabtu, 12 Januari 2013

kriteria robot sekarang dan robot masa depan

Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia. Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.
Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.
Perkembangan dunia robotik sekarang sangat bertumbuh pesat, para pemikir dan ilmuwan tidak pernah berhenti untuk membuat sesuatu yang baru. Robot digunakan untuk mempermudah dan membantu pekerjaan manusia, bidang industri robot digunakan untuk mempercepat pekerjaan manusia, sehingga proses produksi lebih cepat. Dampak negatif penggunaan robot bidang industri untuk manusia yaitu terjadinya pengangguran karena kedudukan manusia tergantikan oleh robot. Robot tidak hanya digunakan pada bidang industri, robot juga digunakan untuk dunia otomotif seperti mobil, misalnya penggunaan sensor jarak (ping) yang digunakan untuk mengatahui jarak suatu objek dengan mobil. Robot juga digunakan untuk tempat cucian mobil, misalnya derek untuk mengangkat mobil. Dunia pendidikan robotik merupakan jurusan ataupun mata kuliah  diminati mahasiswa, setiap universitas berlomba-lomba mengembangkan robotik masing-masing demi mencapai yang terbaik, misalnya Universitas Gunadarma.
Dari berbagai robot yang sudah ada, memiliki fungsi dan ciri khas masing-masing robot. Diantaranya robot line tracking robot yang mengikuti garis hitam atau putih menggunakan sensor infrared dan fhotodioda. Robot pemadam kebakaran berfungsi untuk memadamkan api, robot ini menggunakan sensor suhu LM35DZ ataupun sensor NTC, jika suhu tinggi maka robot melakukan pemadaman. Bukan hanya itu saja ada lagi robot asimo dikembangkan oleh  negara Jepang  yang dapat menyerupai manusia, apa yang dilakukan manusia dapat dikerjakan misalnya berbicara, berjalan, mendengar, dan menari.
Robot masa mendatang adalah robot yang dapat mengerti manusia baik dalam sukacita maupun dukacita disebut dengan “Robot Cerdas” , dimana prinsip robot ini menggunakan perintah suara, robot ini hanya mengenali suara user tertentu. Robot memiliki sturktur tubuh sama dengan manusia dimana terdiri kepala, telinga dua, tangan dua, dan kaki dua. Perancangannya yaitu suara user ditanamkan kedalam mikrokontroler misalnya mikrokontroler Arduino atau mikrokontroler ATMega 8535. Pertama suara user direkam lalu konversikan kedalam kode-kode digital selanjutnya menjadi baris program.  Robot ini memiliki sensor ultrasonik sehingga dapat mengenali suara user, aktivator atau sumber tegangan dihasilkan dari solar cell, sehingga tidak tergantung listrik PLN. Jika sumber tegangan pada robot mulai habis, maka secara otomatis akan mencari sumber ultraviolet (matahari) untuk mengisi tengangan, kalau manusia lapar mencari makanan atau minuman. Begitu sumber tegangan sudah mencukupi maka robot akan meninggalkan sumber matahari tersebut. Robot ini juga menggunakan sensor jarak atau Sensor Ping.
Robot Cerdas memiliki multifungsi yaitu yang pertama jika user memerintahkan untuk mengambil makanan , maka robot akan melakukan seperti yang diperintahkan. Misalnya “Robot Cerdas ambilkan saya makanan tempe, tahu, ikan, dan sayur”, robot cerdas akan mulai mendeteksi seperti diperintahkan, setelah makanan sudah dapat maka akan diserahkan ke user, apabila makanan yang disebutkan tidak ada maka robot cerdas mengeluarkan suara berupa kode yang sudah diprogram, lama pengambilan tergantung jarak dari setiap jenis, kalau saling berdekatan maka delaynya cepat, kalau letaknya berjauhan maka delaynya lama.
Kedua yaitu apabila user selesai berbelanja dari pasar ataupun mall banyak barang-barang yang akan dimasukkan kerumah, maka robot cerdas dapat diperintahkan untuk mengangkat barang tersebut, sesuai beban yang telah ditentukan atau ditanamkan pada robot.
Ketiga yaitu robot cerdas dapat mengerti hati kita (user), jika user mengeluarkan kata “sedih” atau wajah user terlihat sedih atau murung, secara otomatis robot cerdas akan akan menghibur user, berbagai jenis musik sudah ditanamkan kedalam diri si robot, bukan hanya itu jenis komedian juga ditanamkan, sehingga user bisa terhibur. Jika diperintahkan berhenti maka robot cerdas secara otomatis berhenti.
Keempat yaitu robot juga dapat mengetahui kalau hati kita (user) gembira, maka robot cerdas secara otomatis akan menari-nari dan melakukan gerakan tanda gembira, proses kerjanya ialah robot cerdas mendeteksi raut wajah user apabila wajah mengkerut maka otomatis robot cerdas bekerja.
Kelima yaitu robot ini dapat membaca dan menulis yang diperintahkan oleh user. Bukan hanya itu saja tetapi masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dapat dikerjakan, tidak bisa dipungkiri dampak negatif robot dalam kehidupan manusia yaitu manusia akan semakin malas bergerak dan bekerja.
Robot Cerdas ini berbeda dengan robot cerdas yang sudah ada, robot cerdas ini benar-benar mengerti manusia dan terdiri dari berbagai komponen-komponen elektronik kompleks. Robot cerdas ini pengembangannya di Indonesia belum ada, sehingga masa mendatang perlu dikembangkan, sehingga indonesia tidak perlu mengimpor dari luar negeri dan negara Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar